Cepat Tanggap, Fasha Salurkan Air Bersih Kepada Warga Kota Jambi

15 September 2023      

Jambi, InfoPublik- Aksi cepat tanggap kembali dilakoni oleh Wali Kota Jambi, Syarif Fasha. Kali ini Wali Kota Jambi dua periode itu merespon cepat terhadap keluhan masyarakat Kota Jambi yang mengalami kekurangan air bersih akibat kemarau panjang yang melanda Kota Jambi. Bertempat disejumlah lokasi diwilayah Kelurahan Lingkar Selatan Paal Merah, Selasa siang (12/9/2023), Fasha menyalurkan secara langsung air bersih yang disediakan oleh Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Mayang Kota Jambi.

Turut mendampingi Wali Kota Fasha, Anggota DPRD Kota Jambi A. Thaif, Direktur Utama Perumdam Tirta Mayang Dwike Rudiantara, Direktur Teknik Perumdam Tirta Mayang, Mustazal, Camat Paal Merah, Abdul Thoyib dan Lurah Lingkar Selatan, Ponimin.

cover

"Karena saat ini kemarau panjang melanda Kota Jambi, sehingga sebagian warga Kota Jambi yang menggunakan air bersih dari sumber sumur mengalami kekeringan. Atas kondisi itu kami langsung mengintruksikan Perumdam Tirta Mayang Kota Jambi untuk mendistribusikan air bersih secara gratis kepada warga yang terdampak kekeringan," ujar Fasha dilokasi distribusi air bersih, RT 06 Lingkar Selatan.

Kata Fasha, saat ini terdata ada 18 titik pemukiman masyarakat Kota Jambi yang mengalami kekurangan air bersih. Salah satunya dikawasan kecamatan Paal Merah.

"Sore ini kami mengunjungi titik pemukiman warga yang sulit air. Dimana keseharian mereka menggunakan air sumur yang kini kondisinya kekeringan. Dilokasi lain juga dilaporkan ada kejadian serupa. Oleh karena itu, kami perintahkan PDAM Tirta Mayang untuk membuka nomor layanan pengaduan, agar masyarakat mudah melaporkan dan mempermudah pendistribusiannya," sebut Fasha.

Diungkapkan Fasha, operasi air bersih ini akan terus dilakukan Pemkot Jambi melalui Perumdam Tirta Mayang yang dibantu dengan Mobil Damkar dan mobil tangki taman.

"Sudah menjadi tanggung jawab kami. Kepada warga jangan cemas dengan krisis air ini. Kami pemerintah hadir untuk membantu," sebutnya.

cover

Kepada masyarakat yang terdampak kekeringan sebut Fasha, bisa menyiapkan tempat penampungan air di satu titik pemukiman. Ini untuk memudahkan penyaluran, sehingga mobilisasi mobil tangki bisa lebih cepat.

"Air ini gratis, dilakukan operasi dari pagi hingga sore. Masyarakat yang airnya kekeringan dan habis diharapkan kepada ketua RT masing-masing untuk menghubungi PDAM Kota Jambi," tuturnya.

Sementara itu, Direktur Utama Perumdam Tirta Mayang Kota Jambi, Dwike sampaikan bahwa pihaknya akan membuka layanan pengaduan melalui nomor khusus dan operasi ini akan terus berjalan kedepannya melayani masyarakat.

"Merespon permintaan masyarakat yang terdampak musim kemarau dan banyaknya sumber persediaan air yang mengering, Perumdam Tirta Mayang Kota Jambi dengan arahan Pemerintah Kota Jambi siap membantu warga yang membutuhkan air bersih. Warga yang membutuhkan pengiriman air dengan mobil tangki agar menghubungi nomor WhatsApp 0821 2121 9692 dan berkoordinasi dengan RT, Lurah dan Camat, serta menyiapkan wadah penampung air di depan rumah," ujarnya.

Sumber : jambikota.go.id